HUT RI Ke-76, Bupati Samahudin Mengajak Masyarakat Tnanamkan Semangat Perjuangan dan Persatuan

HUT RI Ke-76, Bupati Samahudin Mengajak Masyarakat Tnanamkan Semangat Perjuangan dan Persatuan
Bupati Buton Tengah, H.Samahudin SE, bersama Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah

BUTON TENGAH - Bupati Buton Tengah H.Samahuddin.SE menyampaikan pidato  pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Buton Tengah dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang Ke-76 Tahun 2021, Senin (16/08/2021) 

Samahudin mengatakan tanpa terasa waktu berjalan sangat cepat, esok hari negara kita tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia, telah genap 76 tahun lepas dari cengkeraman penjajah. 

Kata dia, kita telah merdeka dalam satu rentang waktu yang cukup panjang, memaknai peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, idealnya kita gunakan untuk melakukan refleksi diri, merenung dan instrospeksi, apa yang telah kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan pada tanah air yang kita cintai. 

Sejalan dengan visi Kabupaten Buton Tengah "mewujudkan pembangunan berbasis pengembangan wilayah menuju Kabupaten Buton Tengah  yang Berkah, (bersih, sejahtera, produktif, agamis dan harmonis) mengandung maksud, bahwa kita ingin segera mewujudkan kemerdekaan yang sesungguhnya bagi masyarakat, dengan makna bahwa merdeka itu masyarakat yang berbudaya, merdeka itu masyarakat yang sehat, merdeka itu masyarakat yang cerdas, merdeka itu masyarakat yang sejahtera dan merdeka itu masyarakat maju dan demokratis.

Kementerian sekretariat Negara Republik Indonesia memerintahkan bahwa pelaksanaan perayaan hut kesehatan. oleh karena itu, rangkaian hut ke-76 kemerdekaan RI yang sedang kita langsungkan pada hari ini, terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

"dulu kita merayakan bersama-sama, namun kali ini kita mengambil pola yang berbeda, setiap kecamatan di buton tengah melaksanakan upacara HUT RI di wilayah masing-masing, dan untuk tingkat kabupaten buton tengah dilaksanakan oleh dua kecamatan yakni Kecamatan Lakudo dan Kecamatan Gu, " ucapnya. 

Walaupun perayaan HUT RI tahun ini dilaksanakan secara sederhana dikarenakan masih berlangsungnya pandemi covid-19, namun kata dia, makna dari perayaan HUT RI ke76 kemerdekaan Republik Indoensia tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya tetap sama, yaitu mengenang, mensyukuri dan memaknai kemerdekaan negara kita pada tanggal 17 agustus 1945 silam diperoleh melalui perjuangan yang panjang dan berat, yang tentunya memakan korban harta benda dan nyawa rakyat indonesia. 

"dengan semangat nasionalisme yang menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan, mari kita pertahankan dan melanjutkan perjuangan. para pendiri bangsa ini, dengan cara terus mengisi pembangunan di segala bidang sesuai dengan bakat yang tuhan berikan kepada kita masing-masing, " jelasnya. 

Tema HUT Proklamasi kemerdekaan RI ke76 adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” tema ini mengambarkan nilai-nilai 'ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh perjalanan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. 

Indonesia tangguh adalah cita-cita kita bersama, Indonesia akan selalu tangguh dalam menghadapi berbagai krisis yang menimpanya, kita pernah - melewati krisis moneter di tahun 1998 dan saat ini kita dikepung pandemi covid-19, akan tetapi kata dia dengan semangat kebersamaan, insyaallah Indonesia akan selalu melewatinya dan indonesia akan selalu tumbuh sehingga indonesia yang berkemajuan akan tercipta. 

Ketangguhan dan tetap tumbuh akan mendorong kemajuan, kemajuan diri pada segala aspek akan berdampak - pada kemajuan keluarga, kemajuan masyarakat dan kemajuan kabupaten kita. 

oleh karena itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten buton tengah untuk ikut mengambil peran dan tanggung jawab dalam membangun ketangguhan diri dan kemajuan pribadinya dengan hal-hal yang baik, membangun wilayah sekitarnya dan ikut ambil bagian dalam pembangunan kabupaten buton tengah, agar Buton Tengah semakin maju di segala sektor dan segala bidang pada saat ini dan di masa depan.

Salah satu langkah nyata yang harus dilakukan oleh seluruh komponen di kabupaten buton tengah adalah mendukung berbagai program nasional, provinsi dan pemerintah kabupaten dan menjaga stabilitas keamanan daerah serta merawat Empat Pilar Bangsa Indonesia, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945 dan NKRI. 

"dari itu saya mengajak segenap masyarakat Kabupaten Buton Tengah untuk menyambut dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dengan menanamkan semangat perjuangan dan persatuan untuk mewujudkan masyarakat Buton Tengah yang maju dan sejahtera, " tutupnya

SAMPANG Buteng Sultra
HARIANTO

HARIANTO

Artikel Sebelumnya

Hadir Sebagai Narasumber Dialog dan Harlah...

Artikel Berikutnya

Sat Intelkam Polres Baubau Sambangi Kemenag...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 245

Postingan Tahun ini: 1974

Registered: Jul 16, 2020

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 238

Postingan Tahun ini: 1253

Registered: May 24, 2021

Maskuri

Maskuri

Postingan Bulan ini: 126

Postingan Tahun ini: 230

Registered: Mar 10, 2022

Basory

Basory

Postingan Bulan ini: 123

Postingan Tahun ini: 545

Registered: Oct 11, 2021

Profle

Agung widodo

Prajurit TNI Kodim Klaten dan Warga Nanggulan Turunkan Material Dengan Strategi Tempur
Adanya Program TMMD Reg di Kodim Klaten, Ini Harapan Pedagang Keliling di Desa Nanggulan
Kakek Sumarno Setiap Hari “Mainkan Cangkul” bantu Penyiapan Satgas TMMD Reg 113 
Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD

Follow Us

Recommended Posts

Djohar Arifin Minta Penguatan Perguruan Tinggi Sebelum Menuju ‘World Class University’
Ahmad Muzani Pertanyakan Wabah PMK pada Sapi Terjadi Kembali di Indonesia
Yulizal Yunus: KAN Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Adat, Bukan Bagian Struktural LKAAM
Andi Akmal Pasluddin: Masuk Musim Giling 2022, Andi Akmal Pasluddin Minta Tekan Impor Gula
Zainal Bintang: Menyoal Etik Bernegara (Bag.-4)